Pernah suatu ketika Casanova ingin melakukan pendekatan ke wanita idamannya. Casanova mengajak wanita tersebut makan malam di apartemennya.

Ia meminta para staf apartemen agar tidak mengganggu mereka. Makan malam disajikan secara “pass-through”, memungkinkan para pelayan mengantarkan makanan tanpa terlihat atau didengar.

Tidak ada yang mengalihkan perhatian kedua kekasih itu. Casanova memberinya perhatian penuh, sehingga wanita idaman Casanova itu merasa bebas untuk menjadi dirinya sendiri.

Bagaimana aplikasi model ke-2 dari Casanova ini untuk bisnis anda?

Casanova detil memperhatikan bagaimana agar “Customer”-nya memiliki EXPERIENCE dilayani dengan PRIVACY. Salah satu contoh PRIVACY dalam Service Excellence adalah SEGMENTASI.

Itulah sebabnya ada penerbangan di kelas Bisnis dan kelas ekonomi. Di bank ada nasabah prioritas dan reguler. Perusahaan “membedakan” (baca: memberikan PRIVACY) sesuai segmen. Bahwa layanan yang diberikan adalah KHUSUS hanya untuk Customer tersebut dan bukan orang lain. Inti dari PRIVACY adalah layanan KHUSUS untuk mereka dan bukan yang lain

Lantas apakah Customer yang regular, penumpang kelas ekonomi tidak perlu dilayani dengan PRIVACY. Sangat perlu, dan bentuk PRIVACY yang paling intim adalah dengan cara menyebut nama mereka saat melayani.

Sudahkah bisnis anda memberikan dan melayani dengan penuh PRIVACY kepada Customer?

Tugas untuk anda :

  1. Hafalkan Nama-Nama Customer anda
  2. Sebutkan nama mereka ketika melayaninya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *