Apa yang membuat begitu banyak wanita yang jatuh hatinya pada Casanova? Dalam model yang ke-3 ini adalah apa yang menjadi kebiasaan Casanova memperlakukan wanita impiannya.

Casanova berkata, “Kagumi wanita idamannya dari semua sudut”. Untuk melakukan itu Casanova secara khusus menyewa apartemen, tapi bukan sembarang apartemen.

Apartemen sewaan Casanova berisi cermin dan lilin sehingga wanita impiannya akan “tercermin seribu kali.” Dia tahu bahwa seorang wanita cantik senang melihat dirinya sendiri dan bahwa dia “merasa lebih seksi karenanya.”

Casanova melakukan lebih dari sekadar memberi tahu wanita cantik itu bahwa dia cantik; tetapi juga dia memuji kecerdasan dan apa yang dikatakannya.

Bagaimana penerapannya Model ke-3 ini dalam Service Excellence untuk meningkatkan daya saing bisnis dan Perusahaan anda?

Acknowledge Customer anda dari semua sudut, mereka punya banyak sekali hal yang dapat membuat bisnis anda melesat. Buat mereka melihat bahwa mereka menjadi “bagian” dari perusahaan.
Libatkan Customer dan dengarkan mereka. Ajak mereka diskusi (FGD) dan follow up ide-ide mereka dan tunjukkan bahwa perubahan layanan adalah karena-nya.

Ada sebuah cerita, suatu hari ada nasabah sebuah bank mengusulkan agar disediakan cairan hand cleaner didekat area Teller. Mengapa? Karena nasabah tersebut merasa perlu membersihkan tangannya setelah memegang uang. Bank tersebut kemudian mempelajari usulan nasabah dan melakukan kalkulasi biaya kemudian memutuskan bahwa usulan ini memang benar dibutuhkan dan dapat difasilitasi.

Manajer bank ini menerapkan prinsip ke-3 dari Casanova ini. Usulan ini difollow up, tapi bukan itu saja, manajer bank mengundang nasabah yang mengusulkan dan menginformasikan kalau idenya begitu berharga dan sudah di follow up.

Nasabah tersebut di ajak foto bersama manajer Cabang di dekat hand cleaner ditempatkan. Hasil foto dicetak dengan diberikan ke Nasabah tersebut dan dibubuhkan kalimat ucapan terima kasih.

Dampak dari hal yang sangat sederhana ini, nasabah tersebut merasa menjadi bagian dari perubahan bank, kemudian ia menceritakan kisah ini dengan bangga kepada teman-temannya.

Dan ini yang paling luar biasa adalah kemudian ia membawa teman-temannya yang ada di level high networth untuk menjadi nasabah di bank tersebut.

Bagaimana dengan bisnis anda? Apa aktivitas yang membuat Customer anda melihat bahwa mereka menjadikan bagian dari bisnis anda?

Tugas untuk anda:

  1. Dapatkan voice of customer tentang layanan anda.
  2. Diskusikan di dalam tim apa yang dapat perusahaan anda follow up dan bagaimana mendeliverynya ke Customer anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *