Sebagai seorang penakluk banyak wanita, Casanova memiliki pola-pola yang secara logis dapat dilakukan oleh siapapun dan cenderung mendapatkan hasil yang sama. Nah, pola atau model yang akan kita bahas hari ini adalah DECADENCE RULED

Dekadensi dapat dimaknai sebagai perilaku yang menunjukkan cinta akan kesenangan diri, kesenangan dan uang. Contoh dekadensi adalah sebuah bar pencuci mulut dengan ratusan pilihan makanan penutup coklat yang mencerminkan banyak kesenangan atau “keserakahan akan kesenangan”

Casanova menerapkan prinsip ini, ketika menjamu makan malam wanita idamannya ia tidak pernah perhitungan dan selalu menginvestasikan banyak kesenangan.

Ia membanjiri wanita idamannya dengan kesenangan yang biasa disukai oleh setiap wanita. Casanova menyajikan tiram, sampanye, sturgeon, jamur truffles, buah-buahan dan aneka sorbet juga permainan-permainan selama makan malam.

Tujuan dari semua itu adalah menciptakan EXPERIENCE. Casanova berpendapat jika wanita idamannya mendapatkan POSITIVE EXPERIENCE tentu akan mudah untuk menciptakan EXPERIENCE berikutnya.

Sama dengan Service Excellence, TUJUAN UTAMA dari setiap SERVICE ACTIVITY adalah menciptakan POSITIVE CUSTOMER EXPERIENCE. Dalam pelajaran sebelumnya telah saya jelaskan bahwa untuk menciptakan POSITIVE CUSTOMER EXPERIENCE kita perlu tahu persis, mengerti dan paham apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh Customer.

Setelah tahu, mengerti dan paham yang tidak kalah penting adalah tentang bagaimana DELIVERY-nya karena saat ini kita sedang bicara tentang EXPERIENCE. Hal yang baik jika di- DELIVER baik akan menciptakan POSITIVE CUSTOMER EXPERIENCE sebaliknya sekalipun hal baik jika di- DELIVER buruk justru akan menciptakan NEGATIVE CUSTOMER EXPERIENCE. Pada bagian inilah SERVICE BLUEPRINT yang jelas dan program Coaching dan Mentoring kepada para Leader dan Frontliners menjadi sebuah keniscayaan.

Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh banyak Perusahaan adalah berhenti pada pekerjaan “papers and pencils” saja, bukan pada development “the men behind the gun”-nya. Lakukan keduanya dan ciptakan POSITIVE CUSTOMER EXPERIENCE bagi para Customer dari bisnis anda.

Tugas anda kali ini:

  1. Rencanakan Service Blueprint
  2. Konsep Program Coaching utk Service Quality Improvement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *