WASTE ke-3 adalah MOVEMENTS. Saya pernah membantu sebuah Perusahaan dalam mempercepat proses pelayanannya hanya dengan meminimalisasi MOVEMENTS.

Perusahaan tersebut memiliki 24 Frontliners yang melayani Customernya. Perusahaan ini ingin memperbaiki waktu pelayanan mereka terutama waktu antrian. Dalam kacamata mereka waktu layanan sudah maksimal dan tidak bisa dipercepat lagi.

Saya dan tim menganalisis kondisi perusahaan tersebut dan membuat Spaghetti Diagramnya. Ternyata titik kusutnya adalah letak 4 mesin fotokopi yg tersentralisasi di dekat ruang Service Manager nya. Berada tepat ditengah belakang ruang kerja ke 24 frontliners.

Jumlah frontliners ada 24 artinya semakin ke kiri atau ke kanan menjauh dari mesin fotokopi akan semakin membutuhkan waktu lebih banyak untuk melangkah menuju mesin fotokopi. Dan ternyata ketika diakumulasikan total konsumsi waktunya sangat besar dan berdampak kepada antrian.

Langkah sederhana dilakukan dengan membagi 4 mesin fotokopi tersebut tersebar 2 di sisi kiri dan 2 disisi kanan. dengan komposisi diantara 3 frontliners ada 1 mesin fotokopi. Dampaknya MOVEMENTS menjadi berkurang dan waktu layanan menjadi lebih baik secara signifikan.

Seringkali masalah besar justru selesai dengan sebuah langkah sederhana. Namun yang terpenting adalah apakah anda, Perusahaan atau Bisnis anda mampu mengidentifikasi adanya WASTE atau tidak?

Pertanyaan hari ini pernahkah anda menyadari ada berapa WASTE di Perusahaan anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *